SATPAM ADALAH PROFESI

Profesional untuk satpam / security berarti kompetensi untuk dapat melaksanakan tugas serta fungsinya secara baik dan benar serta komitmen dari perusahaan jasa keamanan, untuk meningkatkan kemampuan dari personilnya. Security Profesional, artinya satpam tersebut terampil, handal juga sangat bertanggung jawab dalam menjalankan tugas (tanggungjawab dan kewenangannya).

Semua bidang profesi memiliki aturan-aturan / hukum-hukum yang mengatur bagaimana seorang profesional berfikir, bertindak. Untuk itu anggota satuan keamanan yang melakukan kesalahan dalam menjalankan profesinya bisa mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang diberikan. sanksi yang didapat berupa teguran, sebutan tidak profesionalisme, dipecat, bahkan mendapatkan hukum pidana. Sangsi bagi satpam juga diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme. Satpam harus bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggungjawabnya. Yang dimaksud tanggung jawab adalah semua kewenangan yang telah diberikan perusahaan dalam rangka menjaga dan mengamankan perusahaan.

Tenaga Satuan Pengamanan (Satpam) semakin dibutuhkan seiring meningkatnya perkembangan pembangunan perkantoran, Mall, Perhotelan dan usaha yang membutuhkan pengamanan swakarsa. Namun demikian, banyak masyarakat yang masih memandang remeh profesi satpam. Padahal sudah selayaknya satpam disejajarkan dengan profesi lain lantaran beban kerja yang semakin berat.

Sudah saatnya satpam disejajarkan dengan profesi guru, dokter maupun pengacara. “Sudah tidak terhitung jasa satpam dalam menjaga keamanan aset perusahaan maupun kantibmas secara umum.

Oleh karena itu diharapkan kepada para pihak yang berkepentingan harus ikut berperan aktif dalam rangka pengawasan dan pembinaan agar nasib satpam dapat diperjuangkan bersama. Setidaknya ada standard gaji satpam berikut bonus tambahan sesuai beban kerja.

Keberadaan satpam mampu menjadi mitra kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Polisi tidak bisa bekerja sendiri lantaran gangguan keamanan semakin besar seiring tingginya aktivitas masyarakat. Dengan demikian kedisiplinan, integritas, soliditas serta keterampilan satpam harus terus diasah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *